Kumpulan Biografi Penulis

Biografi Akmal Nasery Basral

ADSENSE HERE!
Biografi Akmal Nasery Basral

Akmal Nasery Basral adalah seorang sastrawan dan wartawan Indonesia. Beliau lahir di Jakarta pada tanggal  28 April 1968. Akmal lahir dari pasangan Basral Sutan Ma'ruf (ayah) dan Asmaniar (ibu) yang berasal dari Minangkabau. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 8 Jakarta, ia melanjutkan pendidikannya di Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Sebagai seorang sastrawan, Akmal Nasery Basral telah menghasilkan beberapa karya sastra, di antaranya novel Imperia yang merupakan karya pertamanya yang dibuat pada tahun 2005. Pada tahun 2010 ia menyelesaikan Sang Pencerah, sebuah novel yang berkisah tentang kehidupan dan perjuangan KH Ahmad Dahlan yang dikenal sebagai pendiri organisasi massa Islam Muhammadiyah. Novel tersebut telah difilmkan dengan sutradara Hanung Bramantyo dan mendapatkan sambutan luas dari masyarakat.

Pada tahun 2012, Akmal meluncurkan Anak Sejuta Bintang, novel tentang masa kecil Aburizal Bakrie. Karya Akmal yang lain, di antaranya cerpen Legenda Bandar Angin pernah dinobatkan sebagai cerpen terbaik harian Pikiran Rakyat pada tahun 2006.

Sebelum dikenal sebagai sastrawan, Akmal merupakan wartawan media cetak. Di dunia jurnalistik, ia memulai kariernya sejak tahun 1994. Sudah beragam media cetak yang dimasukinya, di antaranya majalah mingguan Tempo, Gatra, Gamma, Travelounge, Koran Tempo, dan lain-lain. Pada tahun 2002 ia sempat mendirikan dan menjadi pemimpin redaksi majalah musik MTV Trax. Namun, pada tahun 2010, Akmal meninggalkan dunia jurnalistik dan memfokuskan pikirannya pada dunia sastra, bahkan lebih jauh ia juga berkiprah di dunia perfilman dan musik.

Dari beberapa sumber referensi diketahui bahwa beliau sudah menikah. Istri beliau bernama Sylvia, dari pernikahan tersebut Akmal dikaruniai tiga orang putri: Jihan, Aurora, dan Ayla.


Karya

  • Imperia (2005)
  • Ada Seseorang di Kepalaku yang Bukan Aku (2006)
  • Legenda Bandar Angin (2006)
  • Nagabonar Jadi 2 (2007)
  • Parlemen Undercover: Kisah-kisah Sontoloyo Wakil Rakyat Negeri Indosiasat (2008)
  • Sang Pencerah (2010)
  • Presiden Prawiranegara (2011)
  • Batas (2011)
  • Anak Sejuta Bintang (2012)
  • Tadarus Cinta Buya Pujangga (2013)  

*

NB: Biografi disusun dari berbagai sumber. Biografi akan terus diperbaharui  jika dikemudian hari menemukan informasi baru. Jika ada kesalahan informasi ataupun penulisan silahkan tinggalkan komentar anda.

Terimakasih. Semoga bermanfaat.
ADSENSE HERE!

Tidak ada komentar:

Copyright © Biografi Penulis. All rights reserved. Template by CB