Kumpulan Biografi Penulis

Biografi Gayle Forman

ADSENSE HERE!
Biografi Gayle Forman
Biografi gayle Forman - Credit : http://www.theguardian.com/

Biografi Gayle Forman - Forman lahir di Los Angeles pada tanggal 5 Juni 1970.  Ia adalah seorang penulis Novel bergenre Young Adult (Remaja) di Amerika.

Gayle Forman memulai karir menulis untuk Seventeen Magazine di mana sebagian besar artikel berfokus pada orang-orang muda dan kepedulian sosial. Kemudian ia menjadi wartawan lepas untuk publikasi seperti Detail Magazine, Jane Magazine, Glamour Magazine, The Nation, Elle Magazine, dan Majalah Cosmopolitan. 

Pada tahun 2002, ia dan suaminya Nick melakukan perjalanan keliling Dunia. Dari perjalanan ini, dia mengumpulkan pengalaman dan informasi yang kemudian menjadi dasar untuk buku bergenre traveler pertamanya berjudul : You Can't Get There From Here: A Year On The Fringes Of A Shrinking World (2005). 

Pada tahun 2007 dia merilis novel bergenre Young Adult pertamanya yang berjudul: Sisters in Sanityshe. Novel ini ditulis didasarkan pada sebuah artikel yang ditulisnya untuk Seventeen.

Pada tahun 2009, Forman merilis novel "If I Stay", tentang seorang gadis berusia 17 tahun bernama Mia. Pada suatu hari Mia terlibat dalam kecelakaan mobil tragis. Akbiat kecelakaan itu Mia seketika menjadi koma, namun dalam keadaan koma tersebut dia bisa menyadari apa yang terjadi disekitarnya. Dia  bisa mendengar apa yang orang lain katakan dan lakukan disekitarnya. Merasakan penderitaan kehilangan orang-orang terdekat dengannya belum sadar akan cinta yang berlimpah dari orang-orang yang tetap, dia harus membuat pilihan untuk bertahan atau melepaskan. 

Forman memenangkan NAIBA Book of the Year Awards (2009) dan Indie Choice Honor Award winner (2010) untuk novelnya yang berjudul "If I Stay" tersebut.  Novel "If I Stay"  ini juga telah difilmkan. Film tersebut dibintangi ChloĆ« Moretz, dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 22 Agustus 2014. 

Pada Januari 2013, Forman merilis "Just One Day". Forman juga membuat 2 Sekuel novel lainnya yang teradaptasi dari novel "Just One Day"", berjudul "Just One Year" (dirilis pada bulan Oktober 2013.) dan  "Just One Night" (novel ini hanya berisi 50 halaman dan dirilis dalam format ebook pada tanggal 29 Mei 2014).
Gayle kini tinggal di Brooklyn, New York bersama suami dan dua anak perempuan, salah satunya diadopsi.

Dari situs resminya gayleforman.com , saya menemukan sebuah tulisan berjudul "13 hal yang perlu anda ketahui tentang Gayle Forman". Sepertinya tulisan ini dibuat langsung oleh Gayle Forman untuk menjawab pertanyaan yang beredar seputar dirinya, berikut adalah isinya:

13 hal yang perlu anda ketahui tentang Gayle Forman

 

1. Saya seorang wanita. Tampaknya ada beberapa kebingungan tentang jenis kelamin saya, yang saya temukan mengganggu jika Anda telah melihat penulis saya foto.

2. Aku digunakan untuk menjadi seorang jurnalis. Pekerjaan pertama saya adalah untuk majalah Seventeen.

3. Ketika saya masih kecil saya ingin tumbuh menjadi matahari. Saya sangat terpukul untuk belajar ini bukanlah pilihan karir.

4. Adam dari "If I Stay" terinspirasi oleh suami saya, Nick. Tidak, Anda tidak bisa bertemu dengannya.


5. Willem dari "Just One Day/ Year" terinspirasi oleh beberapa orang Belanda yang mencampakkan aku. (Willem adalah balas dendam.) Tidak, Anda tidak ingin bertemu dengannya.


6. Aku membom SAT saya. Saya masih baik-baik saya menjalani hidup.


7. Saya pernah menjadi pemain figuran di film Bollywood. (Dan ya, di situlah saya mendapat beberapa bagian dari novel "Just One Year".)


8. Saya telah ke 64 negara. Aku digunakan untuk bepergian. Saya pernah menulis buku tentang itu. Negara favorit dikunjungi: India. Negara paling favorit: Tonga. (Maaf, Tonga.)


9. Aku bisa memanggang batch cupcakes dari awal di bawah 20 menit.


10. Pekerjaan terburuk yang pernah saya miliki adalah sebagai petugas entri data. Menyebutkan terhormat untuk pelayan hotel dan perjalanan bunga penjual gadis.


11. Saya telah belajar, dan dilupakan, tiga bahasa asing. Menyesal, Perancis tidak salah satu dari mereka.


12. Aku mengambil tiga tahun off untuk perjalanan sebelum kuliah.


13. Sebagai remaja, saya sangat terobsesi dengan Molly Ringwald bahwa saya mulai menggigit bibir saya seperti yang dia lakukan dan sekarang saya memiliki bekas luka permanen. Dan inilah mengapa saya seorang penulis YA.



 Rangkuman Karya

  • You Can't Get There from Here: A Year on the Fringes of a Shrinking World (2005)
  • Sisters in Sanity (2007)
  • If I Stay (2009)
  • Where She Went (2011)
  • Just One Day (2013)
  • Just One Year (2013)
  • Just One Night (2014)
  • I Was Here (2015 )

Rangkuman Penghargaan 

  • Literary awards include the British Fantasy Award (2010)
  • ALA/YALSA Quick Pick for Reluctant Young Adult Readers (2010), 
  • South Carolina Book Award Nominee for Young Adult Book Award (2011)
  • TAYSHAS High School Reading List (2010), 
  • Goodreads Choice Award Nominee for Young Adult Fiction (2009), 
  • Milwaukee County Teen Book Award Nominee (2010).
    *

Biografi disusun dari berbagai sumber. Biografi akan terus diperbaharui  jika dikemudian hari menemukan informasi baru. Jika ada kesalahan informasi ataupun penulisan silahkan tinggalkan komentar anda.

ADSENSE HERE!

Tidak ada komentar:

Copyright © Biografi Penulis. All rights reserved. Template by CB